Negara Belanda, pasti akan langsung hadir di benak kita jika nama bunga Tulip disebutkan, tidak heran karena Bunga Tulip selalu diidentikkan dengan Negara Belanda. Bahkan sepertinya lekat sebagai salah satu ikon penting dari negeri Kincir Angin tersebut.

Padahal, Bunga Tulip merupakan bunga liar yang tumbuh di daratan Asia Tengah, dan sudah dibudidayakan oleh orang-orang Turki pada sekitar tahun 1.000 Masehi.

 

Kata ‘Tulip’ berasal dari kata dalam bahasa Persia, yaitu Tulbent yang berarti Turban. Dikatakan demikian karena rupa bunga ini pada waktu kuncup hampir mirip dengan turban (penutup kepala) yang kerap digunakan oleh para pria Turki. Sementara, di Negara Turki Sendiri, bunga ini lebih dikenal dengan sebutan Lale.

Dan jika saat ini negara Belanda mengklaim bahwa ‘pemilik bunga tulip terbaik’ adalah Belanda.. namun, Negara Turki, tepatnya di kota Istanbul mampu menghadirkan keindahan pesona bunga tulip yang tak kalah menawan lewat event tahunan, yaitu Istanbul Tulip Festival.


Setiap tahunnya, jutaan bibit bunga Tulip ditanam di seluruh penjuru kota itu, dan hasilnya sangat luar biasa. Aromanya yang khas, ceria, penuh kegembiraan, menyeruak ke seluruh sudut kota yang Anda datangi selama bulan April. Ya, April adalah bulan di mana bunga-bunga Tulip aneka warna mulai bermekaran di Istanbul.

Sebenarnya, selama berada di kota Istanbul, anda tak perlu bersusah payah untuk menikmati keindahan bunga tulip. Kenapa? Karena bunga Tulip akan hadir di setiap penjuru kota! Tapi, jika mau lebih puas lagi, saya rekomendasikan dua tempat yang wajib anda datangi. Dan keduanya bisa kita nikmati secara cuma2 alias GRATIS.. iya bener ngga pake bayar, ngga pake keluar uang.. ( Tapi ini jika kalian kebeneran berada di Istanbul loh ya.. kalo ngga ya percuma deh gratisannya, kan kudu beli tikeet pergii..😓)

Gini caranya..

Yang pertama, jika anda datang ke Turki, salah satu Ikon yang menjadi magnet bagi wisatawan pasti Blue Mosque dan Hagia Sohia, (saya tidak akan membahas mengenai kedua tempat tersebut saat ini ya..) Nah, diantara Masjid Biru dan Musium Aya Sofya, anda akan dengan mudah menemukan keramaian orang yang saya yakin pasti sedang menikmati cantiknya permadani Tulip. Disini, bunga bunga Tulip yang sudah cantik berwarna warni dibentuk dengan detail menyerupai karpet bermotif… inilah kenapa hamparan bunga Tulip nan cantik itu disebut juga sebagai Permadani Tulip, kebayang kan indahnya?

Oke, tempat kedua terbaik untuk menikmati momen mekarnya Bunga Tulip adalah Taman Emirgan (Emirgan Park). Di Taman Emirgan, di lahan berbukit, ditepi sebuah danau, yang konon katanya area ini merupakan salah satu wilayah yang dilindungi keasliannya dan keasriannya oleh pemerintah Turki, jutaan bunga tulip ditanam, dengan berbagai macam jenis dan warna ditata dengan cantik.

Dilengkapi dengan cafe cantik yang dikelilingi oleh taman bermain anak, area piknik, panggung hiburan, kios kios kecil yang menjual berbagai macam bibit tanaman dan bunga tulip, pameran karya seni, dan seni gelas Turki. Dan, seperti sudah saya sebutkan tadi, kita tidak perlu membayar atau membeli karcis untuk menikmati cantik dan harumnya bunga Tulip di Taman Emirgan. Kita hanya membayar biaya parkir mobil yang dikenai bayaran 10 Turkish Lira (TL) untuk 1-2 jam, atau setara kurang-lebih 50 ribu rupiah..

Simdi Lale Mevsimi..

And now Let the Tulip Season Begin..

What do you think?

Name required

Website